Senin, 16 April 2012

Fungsi dan carakerja MesinInjeksi

Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan
bakar bensin elektronik
Sistem EFI itu terdiri dari tiga system utama,yaitu
system bahan bakar,system sinduksi udara,dan
system control elektronik.
a. Sistem Bahan bakar
Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan
bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen system bahan bakar terdiri atas
1) Pompa Bahan bakar
Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan
bahan bakar dari tangki ke injector.Pompa bahan
bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar
listrik
2) Fuel pulsation damper
Fuel pulsation damper berfungsi sebagai
penyerap perubahan tekanan pada saluran
tekanan karena adanya injeksi.Tekanan bahan
bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh
pressure regulator
3) Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan
bahan bakar ke injector-injektor.Jumlah bahan
bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang
di berikan ke injector sehingga tekanan harus
tetap pada tiap-tiap injketor.Untuk mendapatkan
jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan
bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/
cm2.
4) Injektor
Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik
yang kerjanya dikontrol leh computer.Injektor
dilengkapi dengan heat insulator pada saluran
masuk atau pada kepala slinder yang dekat
dengan lubang pemasukan
5) Cold start injektor
Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai
bahan-bahan pada saat suhu motor masih
rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah
ruangan udara masuk.Injektor bekerja hanya pada
saat start bila temperature air pendingin di bawah
220 Celsius.
b. Sistem induksi udara berfungsi untuk
menyediakan sejumlah udara yang diperlukan
untuk pembakaran terdiri atas:
1) Therottle body
Therottle body terdiri atas katup therottle untuk
mengontroludara masuk,sebuah system by pass
udara yang mengatur aliran udara pada putaran
idle dan sebuah therottle position sensor untuk
menyensor kondisi terbukanya katup therottle.
2) Katup udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle yang
bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor
dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan
pada permukaan samping kanan slinder.Jika
putaran fast idle selama pemanasan tidak stabil
atau rendah maka hali ini antara lain disebabkan
oleh kesalahan pembukaan katup udara.
3) Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang
masuk dan mengirimkan sinyal ke computer yang
menentukan dasar jumlah injeksi.Air flow meter
terdiri atas plat pengukur,pegas kembali ,baut
penyekat campuran idle,sensor udaa masuk dan
switch pompa bahan bakar.
4) system Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem Kontrol elektronik mempunyai bermacam-
macam sensor yang terdiri atas air flow
meter,Sensor air pendingin,sensor psisi katup
gas,sensor udara masuk,sensor gas tekan,dan
sensor tekanan mesin.Perangkat ini akan
menentukan lama kerja injector.Kelengkapan yang
lain adalah main relay yang menyediakan sumber
arus listrik ke computer.Circuit opening relay
yang mengontrol kerja pompa bahan bakar dan
sebuah resistor yang menstabilkan kerja injector.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar